blog post

Alhamdulillah, shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan atas Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.

Berikut ini Insya Allah akan kami sampaikan beberapa hal berkaitan tentang permasalahan kesuburan reproduksi, yakni catatan-catatan kecil mengenai tumbuhan herbal yang dikenal luas sebagai obat kesuburan reproduksi. Agar lebih mudah, langsung saja kita simak ulasan dibawah ini:

1. Lempuyang

Baik Lempuyang emprit, Lempuyang manis atau Lempuyang gajah. Ketiganya telah dikenal oleh sebagian herbalis dan masyarakat jawa sebagai obat penyubur rahim. Oleh sebab itu, tidak jarang pada wanita yang mengalami masalah fertilitas disarankan konsumsi Lempuyang, terutama Lempuyang emprit. Wallahu a'lam, jika kita amati dan kaji ulang, insya Allah permasalahan ini akan terbuka lebar. Lempuyang kurang tepat digunakan untuk metode pengobatan kesuburan (Khususnya untuk wanita). Sebab, karakter Lempuyang tidak mendukung dalam terapi ini. Sifatnya cenderung mengeringkan rahim dan memicu peradangan pada rahim. Sehingga wajar kebanyakan wanita yang habis operasi Caesar jika konsumsi Lempuyang akan menimbulkan kista, lebih-lebih yang punyai bibit kista sebelum hamil. Permasalahan ini, jika dikaji dalam ilmu peracikan jamu Insya Allah akan sangat tampak dan gamblang. Oleh sebab itu tidaklah mengherankan Ibu Mooryati Soedibyo dalam bukunya, Alam Sumber Kesehatan, Manfaat dan Kegunaannya cetakan Balai Pustaka berseberangan dengan pendapat yang ada di masyarakat. Dalam buku ini beliau kelompokan Lempuyang emprit dan Lempuyang manis sebagai tanaman herbal pencegah kehamilan.

2. Taoge

Taoge dikenal masyarakat luas dan orang awam sebagai obat kesuburan, baik laki-laki ataupun perempuan. Jika kita telusuri, sifat taoge malah kebalikannya, cenderung melemahkan dan membuat bentuk sperma tidak normal. Taoge bisa diandalkan untuk menaikkan libido pria, namun tidak cocok untuk kasus ini, kecuali laki-laki yang baru menikah dengan usia pernikahannya kurang 1 tahun, Insya Allah sangat bermanfaat. Adapun untuk selainnya secara umum tidak cocok, meski konsumsi taoge 1 kg setiap hari.

3. Kencur

Baik kencur gajah  atau kencur emprit, kedua-duanya dikenal masyarakat sebagai obat kesuburan. memang hal ini benar. Akan tetapi ada satu yang harus digarisbawahi, kencur tidak digunakan untuk semua kasus gangguan fertilitas wanita. Kencur cocok untuk pengobatan wanita yang memiliki keluhan haid bagian perut atas. Adapun untuk selain kasus ini, kencur cenderung bersifat kebalikannya. Lebih-lebih bagi wanita yang mengalami gangguan fertilitas dengan kasus keputihan, atau sama sekali tidak keputihan. Adapun kencur untuk laki-laki, Insya Allah tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Bisa digunakan meski bukan untuk penyubur sperma.

4. Degan

Degan (kelapa muda) dikenal luas masyarakat sebagai obat penyubur. Terutama degan yang benar-benar berbentuk degan, bukan setengah kelapa. Degan bisa memperbanyak sperma. Sehingga tidak perlu diragukan lagi, laki-laki normal yang belum menikah jika konsumsi degan  plus airnya dalam jumlah agak banyak (1 degan), bisa menyebabkan mimpi basah. Wallahu a'lam. Mengenai degan, ada beberapa permasalahan yang perlu dicermati. Konsumsi degan tidak boleh terlalu sering, minimal sebulan 2 kali. Jika lebih, risiko laki-laki yang belum menikah bisa mengalami gangguan kesuburan, lutut dan pinggang. Adapun untuk yang sudah menikah sangat bagus, tapi jangan terlalu sering. Sebaiknya bagi laki-laki yang tidak ada permasalahan nyeri punggung. Tipe dingin dan badan gemuk usahakan jangan menggunakan terapi degan untuk mendongkrak kesuburan sel sperma. Adapun untuk wanita, sebaiknya jangan banyak-banyak minum air kelapa atau air degan. Air kelapa cenderung melancarkan haid dan membuat lutut nyeri (terutama anak gadis yang baru haid dan orang yang menopause, lebih-lebih jika tidak terbiasa).

5. Pegagan

Banyak media menyebarkan masalah ini, terutama via internet. Wallahu a'lam. Setahu kami, sifat dan karakter pegagan sangat jelas memiliki fungsi kebalikannya (versi tradisional). Adapun dalam versi kedokteran modern, pegagan memang diakui sebagai obat kesuburan. Jika kondisinya seperti ini, silakan Anda pilih, mana yang membuat tenang.

Mohon maaf, secara pribadi kami lebih menguatkan pegagan masuk dalam kategori herbal non penyubur. Meski sifat pegagan tergolong sifat manis sejuk, tetapi meski manis sejuk pegagan bisa mengeringkan rahim. Mungkin oleh sebab itu, kebanyakan herbalis jarang menyebutkan pegagan sebagai obat gangguan fertilitas, namun kebanyakan mereka lebih suka tidak membicarakan dan lebih senang menyebutkan fungsi yang lainnya, seperti sebagai obat penghancur batu, obat keputihan dan sebagai peluruh kencing. Dr. Setiawan Dalimarta dalam bukunya, Atlas Tumbuhan Obat Indonesia jilid 2 hal. 149-156 juga tidak menyebutkan masalah ini. Bahkan, ketika beliau menyebutkan dalam efek Farmakologis dan hasil penelitian pada poin kelima beliau mengatakan, "Asiaticocide dan thankuiside dapat mengurangi kesuburan (Fertilitas)." Wallahu a'lam.

6. Avokad

Buah Avokad sebagai obat penyubur laki-laki insya Allah tidak perlu diragukan lagi, terutama bagi laki-laki yang memiliki tubuh kering, kurus dan memiliki kelainan pinggang. Adapun daun, biji atau kulit avokad tidak masuk dalam kategori ini. Adapun untuk wanita, buah avokad sangat bagus untuk mendinginkan perut dan menggemukkan badan.

7. Jahe

Jahe merah, jahe gajah atau jahe emprit, ketiganya dikenal luas oleh masyarakat sebagai obat penyubur laki-laki. Bahkan saat ini, jahe instan sangat digemari masyarakat pun saat ini jahe merah instan termasuk produk yang laris manis. Banyak alasan orang yang mengonsumsinya, ada yang karena untuk menaikkan libido, menaikkan kesuburan atau hanya sekedar hobi.

Jahe memang benar bisa menaikkan libido, tetapi tidak bisa menaikkan kesuburan. Jahe cenderung memperbanyak jumlah sperma, menaikkan libido dan mengusir angin. Secara umum, jahe tidak cocok untuk obat kesuburan, kecuali untuk kasus lelaki dengan tipe dingin dan tidak dikonsumsi setiap hari, tidak dicampur air dan dosisnya sedikit, kecuali untuk daerah dingin. Selain itu jahe juga cocok untuk lelaki yang mengalami ketidaksuburan akibat kelainan kerja liver.

Adapun untuk wanita, secara umum konsumsi jahe tidak dianjurkan terlalu sering, kecuali jika sudah dicampur dengan herbal lainnya.

Untuk keterangan tambahan mengenai jahe, bisa dirujuk pada at-Thibbun Nabawi atau buku tumbuhan herbal.

8. Semangka

Semangka dikenal luas sebagai obat penyubur kandungan. Penggunaannya sangat mudah. Tinggal konsumsi, tidak membutuhkan perlakuan khusus. Dosis yang dianjurkan biasanya 1/4 buah semangka sedang, dikonsumsi 2 kali setelah makanan pokok.

Wanita yang memiliki gangguan reproduksi dengan riwayat dilepen (nyeri haid sangat pada perut) dan tipe badan tergolong panas, banyak memiliki keputihan dan memiliki riwayat kencing manis, memiliki mag/tukak lambung, sebaiknya jangan konsumsi ramuan ini dengan tujuan menaikkan kesuburan.

9. Mentimun

Tumbuhan ini juga dikenal menyuburkan kandungan, terutama bagi mereka yang memiliki rahim kering dan pinggang sakit. Mentimun lebih aman daripada semangka. Minimal dalam sehari kita makan 4 biji sedang, minimal 1 hari 1 kg.

Konsumsi dalam setiap hari. Untuk hasil maksimal sebaiknya kurangi minum air, kecuali air yang hangat. selain itu sebaiknya dipadukan dengan konsumsi makanan sumber darah atau penaik tekanan darah. Adapun untuk laki-laki, mentimun tidak terlalu berpengaruh, malah cenderung menurunkan darah dan tekanan darahnya.

10. Santan

Santan dikenal dapat memperbaiki sperma. Mengingat sifat santan sangat kuat, Santan boleh dibuat dalam bentuk apa saja. Baik dalam sayur, minuman ataupun yang lainnya. Untuk laki-laki dengan riwayat gangguan reproduksi akibat tidak normalnya asam urat, sebaiknya jumlah santan dibatasi.

11. Es Krim/Es Puter

Sangat bagus untuk laki-laki dengan riwayat kelainan nyeri punggung dan jumlah sperma sedikit. Namun tidak disarankan bagi laki-laki yang gemuk dan libido rendah.

12. Cincau

Cincau sangat bagus untuk kesehatan dan kesuburan kandungan wanita, lebih-lebih jika cincau yang masih baru. Begitu pula cincau yang tidak dicampur dengan air kapur. Pemakaiannya bisa digunakan untuk bubur atau campuran es.

Demikianlah sedikit yang kami bagi, besar harapan kami, semoga ini bermanfaat.

Wallahu musta'an.

  • Share This Story


Afiyah

Afiyah

Deskripsi Rinci mengani Afiyah

Baca Juga